Tutorial: Membuat Bookmark dan Watermark pada File PDF dengan Program Adobe Acrobat Profesional

Oleh: R. Lalan Fuandara

  1. Jalankan program ADOBE ACROBAT Profesional (terserah yang mau versi berapa)
  2. Ambil file pdf yang mau di bookmark
  3. Klik icon Bookmark ada disebelah kiri
  1. Klik icon New Bookmark, atau blok judul, sub judul yang mau di bookmark kemudian klik kanan, atau Ctrl+B
  2. Rename tulisan Untitled, dengan cara copy paste judul file  atau tandai judul halaman lalu klik kanan mouse pilih add bookmark
  3. Setelah selasai jangan lupa di Save
  4. Setelah itu member watermark, caranya klik menu document, pilih sub menu watermark kemudian pilih add

Setelah klik add maka akan muncul

Masukkan file image, tulisan yang ingin dijadikan watermark, atur capacity dan scale nya, atur juga page range option (mengatur halaman mana yang ingin diberi watermark) setelah semua sudah di atur kemudian klik OK, dan simpan file anda, ,Ctrl + S

upload by R. Lalan F

Desain dan Kebudayaan

Kata “desain” interprestasi pengertiannya akan berbeda-beda. Hal ini disebabkan kata desain mencakup pengertian yang luas, meliputi merancang software, menyusun kerangka penelitian, merancang mesin, gedung, ruang, sampai men-desain sarung bantal. Dalam buku ini akan dijelaskan pengertian desain dan sejarah peradaban desain.

Meskipun desain modern belum berusia lebih dari dua ratus tahun, tetapi rentang waktu bahasan buku ini meliputi kurun waktu lebih dari 2500 tahun. Desain adalah produk dari budaya ilmu pengetahuan dan teknologi. Desain modern yang lahir sejak Revolusi Industri adalah penerapan dari pemikiran teoritis dari abad pencerahan. Abad ini melahirkan perintis-perintis ilmu yang pemikirannya menjadi landasan ilmu pengetahuan modern. Bila dirunut lebih jauh kebelakang benih kelahirannya sudah tumbuh pada zaman renaisans yang diawalai dengan revolusi Copernicus tentang heliosentrisme, buah pikiran yang mampu melepaskan diri dari cara berpikir dogmatis sebelumnya. Akar metode berpikir rasional ini pada dasarnya berawal dari filsafat klasik Yunani yang bertujuan mencari kebenaran hakiki melalui proses berpikir yang kritis, bersistem, dan logis.

Hasil dari proses desain adalah sebuah rancangan yang diwujudkan melalui proses teknologi tertentu hingga menjadi produk yang mampu menjawab kebutuhan manusia. Dalam tatanan masyarakat dan system ekonomi modern, lingkup tugas desain sudah jauh melewati aspek pragmatic semata, ia harus mampu memenuhi berbagai tuntunan yang timbul dari dinamika social, antara lain, gaya hidup, system ekonomi, aspek psikologi, teknologi, regulasi, cita rasa estetik, dan bisnis.

Titik berat bahasan dalam buku ini bukan pada ulasan tentang desain sebagai artefak akan tetapi pada pemikiran dan filsafat yang melatarbelakangi serta kondisi social ekonomi yang menjadi wadah kelahirannya.

h

@: Lalan Fuandara

SEMINAR & CFP “DISRUPTION IN THE LIBRARY”

UPT Perpustakaan ISI Surakarta mengadakan seminar & CFP pada tgl 18-19 September 2018, seminar dengan tema Disruption In The Library: Inovasi dan Kreativitas Pustakawan di Era Digital dengan pembicara Dr. Bonnie Soeherman dan Nurul Fitria, ST., MM. sedang untuk pemakalah CFP; Khoirul Maslahah, Agnes Karya-Rosalia I., Purwani Istiana, Sri Utari, Tri Hardiningtyas-Triningsih, Bakhtiyar, Mustofa, R. Lalan Fuandara, dan Joko Setiyono

seminar & CFP ini dibuka langsung oleh Rektor ISI Surakarta DR. Guntur, S.Sn., M.Sn

Pembicara 1. Dr. Bonnie Soeherman sedang memberikan materi

Pembicara 2. Nurul Fitria, ST., MM

Pemateri CFP pada hari pertama

Pemateri CFP pada hari ke 2

Materi seminar:

Materi CFP

Presentation sent  

INOVASI DAN KREATIVITAS PUSTAKAWAN_Nurul_Fitria

 

BEDAH BUKU TRANSISI: WAYANG, RELIEF DAN ANIMASI

UPT Perpustakaan pada Tgl 18 Juli 2018 mengadakan kegiatan bedah buku Transisi: Wayang, Relief dan Animasi, karya: Ranang S dan Handriyotopo. Kegiatan bedah buku tersebut di ikuti 30 mahasiswa ISI Surakarta.

Kegiatan bedah buku ini dibedah oleh Handriyotopo dosen DKV ISI Surakarta, yang merupakan salah satu pengarang dari buku itu sendiri.

post by Lalan Fuandara

Pameran Buku Pada Festival Kesenian Indonesia (FKI) Ke-X Di STKW Surabaya

Perpustakaan ISI Surakarta mengadakan pameran buku pada Festival Kesenian Indonesia (FKI) Ke-X di STKW Surabaya.

FKI ke-X merupakan agenda dua tahunan Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Seni Indonesia (BKS–PTSENI) dengan acara berupa pameran seni rupa, seni pertunjukan, seminar, workshop dan pemutaran film.

Perguruan tinggi seni yang terlibat dalam festival kali ini di antaranya, STKW Surabaya, Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh, Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Institut Kesenian Jakarta (IKJ), ISI Surakarta, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, ISI Denpasar Bali, dan ISBI Tanah Papua.

FKI Ke-X di laksanakan pada tanggal 7-9 Juli 2018 bertempat di Taman Candra Wilwatikta Surabaya

 

@/Lalan

Roadshow Institutional Repository

Roadshow Institutional Repository adalah kegiatan talkshow yang diadakan UPT Perpustakaan dalam rangka kelanjutan kegiatan institutional repository pada tahun sebelumnya. Talkshow kali ini memfokuskan pada unggah mandiri untuk dosen dan para mahasiswa. Roadshow ini dilaksanan pada Hari Senin, 18 Desember 2017 di Ruang Seminar ISI Surakarta, dengan mengundang Wakil dekan I Fakultas Seni Pertunjukan dan Fakultas Seni Rupa dan Desain, perwakilan pejabat Pascasarjana, perwakilan pejabat LPPM, serta Kaprodi-kaprodi dan perwakilan dosen.

Roadshow ini dibuka oleh Wakil Rektor I, DR. I Nyoman Sukerna, S.Kar., M.Hum

Sedang untuk narasumber oleh Joko Setiyono, S.Sos

 

Seminar Nasional “Eksistensi Perpustakaan: Masa Silam, Era Kekinian & Masa Depan”

Menghadapi tantangan peran perpustakaan perguruan tinggi di masa depan, perpustakaan ISI Surakarta mengadakan seminar nasional dengan tajuk “Eksistensi Perpustakaan: Masa Silam, Era Kekinian & Masa Depan”, di Ruang Seminar ISI Surakarta.

Di lingkungan akademik, kehadiran perpustakaan sebagai sumber informasi, panduan, dan rujukan dalam penelitian atau penulisan ilmiah lainnya menjadi satu hal yang vital. Tata kelola perpustakaan dari waktu ke waktu terus berkembang beserta tantangannya di setiap era sampai sekarang. Untuk menghadapi tantangan tersebut maka perlu kegiatan pembekalan dan pengembangan perpustakaan untuk pustakawan, pengelola perpustakaan, dan pemerhati perpustakaan.

Seminar nasional perpustakaan ini menghadirkan tiga narasumber, Safirotu Khoir, Ph. D  (UGM Jogjakarta), Chandra Pratama S.IIP. , M.Sc (Univ. Kristen Petra Surabaya), dan Aris  Setiawan, S.Sn., M.Sn (ISI Surakarta). Safirotu Khoir dalam makalahnya yang berjudul “Past, Present, and Future: Menuju Perpustakaan yang Terhubung” menjelaskan tentang proses perkembangan tata kelola perpustakaan dan tantangan ke depan di tengah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi seperti sekarang ini.

“Pustakawan perlu mempersiapkan kemampuan untuk selalu berinisiatif, beradaptasi, dan berkolaborasi secara internal maupun eksternal. Memiliki kemampuan untuk terbuka dan bergandengan dengan bidang ilmu lain yang terkait dan saling mendukung. Untuk menghadapi era masa depan, penyelenggara perpustakaan dapat mempersiapkan, kepemimpinan dan pengelola perpustakaan yang visioner, fleksibilitas kebijakan pengelolaan perpustakaan, responsifitas terhadap perubahan socio-culture, dan adaptifitas terhadap perkembangan teknologi,” papar Safirotu Khoir kepada peserta seminar.

Pembicaranya lainnya, Aris  Setiawan lebih banyak menyoroti tentang perpustakaan ISI Surakarta yang harus segera menyiapkan perpustakaan digital.  Sedangkan Chandra Pratama memaparkan gagasannya tentang eksistensi perpustakaan di masa silam sebagai library as place yang dapat digunakan sebagai acuan untuk menghadapi tantangan yang ada di depan.

materi seminar bisa diunduh:

Warisan perpustakaan masa lampau untuk perpustakaan masa depan