Pengembangan

PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA

Peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia UPT Perpustakaan ISI Surakarta dilakukan dengan cara :

  1. Mengadakan kegiatan seminar/semiloka/lokakarya, pelatihan
  2. Mengirim staf perpustakaan untuk mengikuti seminar/semiloka/lokakarya, pelatihan, diklat.
  3. Mendorong dan memberi kesempatan kepada para staf perpustakaan untuk studi lanjut dengan biaya sendiri
  4. Adanya bantuan dari koperasi karyawan bagi staf perpustakaan yang melaksanakan studi lanjut.

PENGEMBANGAN SISTEM LAYANAN

UPT Perpustakaan ISI Surakarta telah melaksanakan Program Cakupan Perguruan Tinggi (PCPT) pada tahun 2005 dan tahun 2006. Pelaksanaan program ini antara lain menghasilkan otomasi layanan perpustakaan dengan nama program Dewa Pustaka.

Program Dewa Pustaka digunakan untuk pencarian bahan pustaka, melayani peminjaman, pengembalian bahan pustaka, inventarisasi bahan pustaka dan pembuatan kartu anggota perpustakaan serta laporan.

Dengan adanya program Dewa Pustaka pelayanan perpustakaan menjadi lebih cepat, tepat dan efisien.

Pelaksanaan PCPT tahun 2005 dan tahun 2006 juga menghasilkan layanan baru yaitu layanan pustaka rekreatif yang telah diresmikan dan dibuka pada awal bulan Januari 2007. Diharapkan pengguna dapat memanfaatkan layanan ini untuk mengurangi kejenuhan dari aktivitas akademik. Tawaran rekreatif yang diberikan menyangkut baik kemasan maupun isinya dalam pengertian menyangkut desain ruang dan tema koleksi yang berbeda dengan lazimnya perpustakaan.

Layanan pustaka rekreatif terbagi menjadi dua ruang, yaitu ruang rekreatif baca dan ruang rekreatif audio visual. Di dalam ruang rekreatif baca pengguna dapat membaca buku psikologi populer, buku bacaan religi, buku tentang seni, buku sastra esai dan novel, buku tentang hobi, cerita pendek dan puisi, bacaan humor hingga buku biografi.

Ruang pustaka rekreatif audio visual menyediakan kaset, CD, VCD dan DVD tentang film-film populer, film dokumenter, lagu-lagu populer, musik tradisional Indonesia dan kesenian daerah seperti ketoprak, wayang, wisata daerah dll.

Mulai tahun 2009 perpustakan juga telah memiliki fasilitas internet dan hot spot area.

Mulai tahun 2012 UPT. Perpustakaan kembali membangun dan merancang ulang sistem otomasi perpustakaan yang terintegrasi dengan unit-unit lain di lingkungan ISI Surakarta, yang disebut sigilib.

Peningkatan sistem layanan terus dikembangkan. Seiring perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, UPT. Perpustakaan telah merancang bangun dan mendesain gudang pengetahuan sebagai kekayaan intelektual akademik dan karya seni yang dikemas dalam institutional repository pada April 2016.

Institutional Repository ISI Surakarta memiliki karakteristik, yakni academic institutional repository dan artistic institutional repository. Academic institutional repository meliputi hasil penelitian, buku teks, monografi, referensi, skripsi, tesis, disertasi, artikel ilmiah, artikel populer dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik.

Sedangkan artistic institutional repository mencakup karya seni pertunjukan, karya seni rupa, desain, media rekam dosen, mahasiswa, dan tenaga pendidik.

PENGEMBANGAN MEDIA SOSIAL

UPT. Perpustakaan ISI Surakarta juga mengembangkan layanan informasi melalui berbagai media social, antara lain :

  1. Facebook : Perpustakaan ISI Surakarta
  2. Instagram : Perpustakaan ISI Surakarta
  3. Twitter : Perpustakaan ISI Surkarta

PENGEMBANGAN KERJASAMA

UPT Perpustakaan ISI Surakarta adalah anggota Forum Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Negeri (FKP2TN). Dengan menjadi anggota FKP2TN, UPT Perpustakaan ISI Surakarta memberikan pelayanan pembuatan dan pemanfaatan kartu sakti.

Kartu Sakti dapat digunakan untuk mengunjungi perpustakaan yang tergabung dalam FKP2TN.
Bentuk kerjasama lain yakni menjadi anggota Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Seni se-Indonesia, terdiri dari ISI Yogyakarta, ISI Surakarta, ISI Denpasar, ISI Padang Panjang, ISBI Bandung, IKJ (Institut Kesenian Jakarta), STKW (Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta) Surabaya. Bahkan perkembangan keanggotaan terakhir semakin bertambah, yakni ISBI Aceh, ISBI Tanah Papua.

Kerjasama lainnya menjadi pengurus dan anggota aktif IPI (Ikatan Pustakawan Indonesia) tingkat Kabupaten/Kota.

Kerjasama juga dilakukan dalam hal penempatan magang, yakni merupakan bentuk kerjasama dengan Program Studi Ilmu Perpustakaan FISIP Universitas Sebelas Maret  Surakarta (UNS), Program Studi Ilmu Perpustakaan Universitas Diponegoro Semarang (UNDIP), Peserta Kursus “Pendidikan Siap Kerja di Perpustakaan” dari Perpustakaan Universitas Soegijapranata (UNIKA) Semarang.

Bentuk kerjasama lain diantaranya, kerjasama dengan Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Surakarta.