Home / Berita / UPT Perpustakaan ISI Surakarta Selenggarakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

UPT Perpustakaan ISI Surakarta Selenggarakan Pelatihan Menulis Karya Ilmiah

Pada tanggal 28 sampai 31 Juli 2015 UPT Perpustakaan ISI Surakarta menyelenggarakan pelatihan menulis karya ilmiah. Pelatihan bertema: Minat Baca dalam Budaya Digital ini diformat dalam 32 jam latihan. Peserta datang dari pustakawan, pengelola perpustakaan, dan pemerhati perpustakaan.

Prof. Dr. Sri Rochana W., S.Kar., M.Hum selaku Rektor Institut Seni Indonesia Surakarta berkenan menghadiri acara pembukaan. Sekaligus membuka secara resmi pelatihan tersebut pada tanggal 28 tepat pukul 08.00 WIB. Dalam sambutannya Beliau mengungkapkan bahwa para pustakawan diuntungkan dengan sumberdaya yang melipah untuk membuat tulisan. Kekayaan koleksi perpustakaan yang dikelola para pustakawan hendaknya bisa dimanfaatkan secara positif untuk menulis. Maka sudah sewajarnya pustakawan perlu meningkatkan kompetensi menulisnya sesuai dengan tuntutan tugas dan pengembangan diri.

Dua narasumber yang kompenten di bidang penulisan dan perpustakaan memandu para peserta menggarap tulisan sesuai tema pelatihan. Narasumber pertama, Drs. St. Kartono, M.Hum. yang menyebutkan dirinya sebagai pengompor mampu menghidupkan kelas pelatihan dan membangkitkan semangat menulis para peserta. Para peserta diajak praktek langsung tentang teknik-teknik menulis tanpa disadari mereka sedang diarahkan untuk membuat tulisan.

Narasumber kedua, Moh.Mursyid, SIP. membimbing peserta mulai dari menggarap tema ke dalam kerangka tulisan sampai tips mengirimkan tulisan ke media massa. Moh Mursyid juga membuat dinamika kelompok untuk menciptakan suasana pelatihan lebih dinamis.

Hasil akhir dari pelatihan ini adalah terkumpulnya hasil karya tulis peserta menjadi sebuah buku bunga rampai. Yang saat berita ini diturunkan sedang memasuki tahap editing. Out put ini diharapkan menjadi titik pemacu peserta untuk terus aktif berkarya. Berkarya menyemarakan dunia literasi dengan tema perpustakaan dan kepustakawanan, melalui membaca dan menulis.

 

IMG_2040

Prof.Dr.SriRochana W., S.Kar.,M.Hum selaku Rektor Institut Seni Indonesia Surakarta meresmikan pelatihan pada acara pembukaan.

IMG_2083

Suasana sesi pelatihan dipandu oleh Drs. St. Kartono, M.Hum.

IMG_2100

Penyerahan cinderamata oleh Kepala UPT Perpustakaan ISI Surakarta, Nyono,S.Sos kepada narasumber Drs. St. Kartono, M.Hum.

IMG_2233

Suasana dinamika kelompok bersama narasumber Moh. Mursyid, SIP.

IMG_2269

Foto bersama peserta dan narasumber Moh. Mursyid, SIP

IMG_2111

Foto bersama peserta dan narasumber Drs. St. Kartono, M.Hum.

About pustaka

Check Also

PER. PPNRI NO 11 TAHUN 2015 TENTANG JUKNIS

PER-PPNRI-NO-11-TAHUN-2015-TENTANG-JUKNISDownload