Home / Berita / PEMBUKAAN PAMERAN DAN BURSA BUKU TAHUN 2014

PEMBUKAAN PAMERAN DAN BURSA BUKU TAHUN 2014

UPT Perpustakaan ISI Surakarta pada tanggal 8 sd 12 September 2014 menyelenggarakan Pameran dan Bursa Buku. Senin, 8 September 2014 tepat jam 09.00 WIB seremoni acara pembukaan pameran dan bursa buku dimulai. Rangkaian acara terdiri dari laporan ketua panitia, sambutan Pembantu Rektor I sekaligus dirangkai dengan peresmian pembukaan, pembacaan doa, dan dilanjutkan dengan ramah-tamah dan peninjauan stand pameran.

Secara simbolis Pameran dan Bursa Buku  dibuka dengan pemukulan gong  oleh Dr. Guntur, M.Hum. selaku Pembantu Rektor I, sebagai tanda peresmian kegiatan. Dalam sambutannya Dr. Guntur, M.Hum. memberikan apresiasi atas kegiatan yang diinisiasi oleh UPT Perpustakaan ini. Beliau juga menyatakan bahwa bagi dunia akademis buku sampai saat ini masih menjadi media ilmu pengetahuan yang penting. Mengkonsumsi buku atau berinteraksi dengan buku merupakan aktivitas intelektual penting bagi dunia akademis sama vitalnya dengan menghasilkan karya berupa buku. Dibagian lain sambutnya Dr. Guntur juga melontarkan gagasan untuk membuat akses yang lebih mudah bagi pengunjung datang ke Perpustakaan, mengingat lokasi Perpustakaan saat ini.

Sementara itu, Ketua Panitia Maria Chrisdiana Sri Utami, S.IKom. dalam laporannya menyampaikan bahwa peserta Pameran dan Bursa Buku ini terdiri dari kalangan Penerbit, Distributor Buku dan Toko Buku yang berasal dari Solo dan Yogyakarta sebanyak 9 peserta. Pameran dan Bursa Buku ini diselenggarakan dalam rangka Pengadaan Buku Tahun Anggaran 2014 dengan tujuan :

  1. Memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi pemustaka untuk memilih dan membeli buku yang dibutuhkan
  2. Memenuhi kebutuhan informasi pemustaka untuk memperlancar proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat
  3. Menjalin hubungan yang baik antara perpustakaan, penerbit, distributor, toko buku dan pemustaka
  4. Memberikan kemudahan kepada pemustaka dalam pengajuan judul-judul buku yang dibutuhkan untuk usulan pengadaan buku baru di perpustakaan tahun anggaran 2014

Disampaikan pula bahwa Pameran dan Bursa Buku ini tidak semata-mata ajang promosi bagi pelaku bisnis perbukuan, tapi juga merupakan forum interaksi penulis, penerbit, distributor dan pecinta buku, sehingga dalam pameran dan Bursa Buku ini akan dimeriahkan dengan acara Bedah Buku yang akan diselenggarakan 2 kali, yaitu pertama, Senin 8 September 2014 jam 10.30  WIB dengan buku berjudul Estetika Paradoks karya Jacob Sumarjo dengan pembedah Sdr Bayu Wijayanto, S.Sn, M.Sn dari ISI Yogyakarta. Kedua, hari Kamis 11 September 2014 WIB dengan buku berjudul Pemulihan Jiwa Vol.3 karya Dedy Susanto dengan pembedah Eko Raharjo, S.Sos., MM. dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, pesertanya adalah Mahasiswa ISI Surakarta perwakilan dari masing-masing Prodi.

Pameran dan Bursa Buku ini diharapkan juga bisa menjadi kesempatan bagi pemustaka untuk menambah khasanah pustaka sekaligus sebagai ajang sosialisasi perpustakaan. Bertepatan sekali bahwa pada tanggal 8 September adalah Hari Baca Tulis Sedunia dan tanggal 14 September adalah Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjung Perpustakaan. Maka dari itu kunjungilah perpustakaan dimana perpustakaan sebagai jantungnya Perguruan Tinggi pusat menimba ilmu. Dengan pameran ini diharapkan dapat mendorong pemustaka untuk lebih mencintai buku dan meningkatkan minat serta kebiasaan membaca sehingga pada akhirnya salah satu kebutuhan pokok dalam upaya peningkatan kecerdasan bangsa akan terwujud. (J/8.09.2014)

1

Tamu undangan memasuki ruangan

 

2

Sambutan dan peresmian dari Pembantu Rektor I (Dr. Guntur M.Hum)

 

3

Pengunjung melihat stand pameran

 

4

Pengunjung melihat stand pameran

 

 

 

 

 

 

 

 

About pustaka

Check Also

Layanan Perpustakaan ISI Surakarta Dalam Masa KLB