Posted by pustaka

Sejarah

Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta pada mulanya adalah sebuah akademi dengan nama Akademi Seni Karawitan Indonesia (ASKI) Surakarta berdasarkan SK Mendikbud RI No.068/1964 tanggal 15 Juli 1964 yang didirikan sebagai salah satu wadah untuk merintis perkembangan seni tradisional. Untuk menopang kegiatan akademik menggunakan fasilitas milik Konservatori Karawitan Indonesia ( sekarang SMK/SMK Negeri 8 ) Surakarta.

Sebagai penunjang kegiatan akademik maka didirikanlah perpustakaan pada tanggal 13 Januari 1971 dengan bahan pustaka dan saranya seadanya.

Selanjutnya ASKI mengalami peningkatan status menjadi Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Surakarta berdasarkan SK Mendikbud No.0446/O/1988 tanggal 12 September 1988 dan menempati kampus di Kentingan, Jebres, Surakarta.

Proses untuk peningkatan status menjadi Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta yang dimulai sejak tahun 2002 membuahkan hasil dengan terbitnya Peraturan Presiden RI No. : 77 Tahun 2006 tanggal 20 Juli 2006.

UPT Perpustakaan ISI Surakarta kini menjadi unsur penunjang kegiatan akademik yang menyediakan layanan bahan pustaka dan audio visual untuk keperluan pendidikan, penelitian dan pengembangan ilmu, teknologi dan atau kesenian, dan pengabdian kepada masyarakat bagi seluruh civitas akademika ISI Surakarta dan masyarakat umum lainnya.