Koleksi

Koleksi bahan pustaka UPT Perpustakaan ISI Surakarta meningkat dari tahun ke tahun. Jumlah koleksi tersebut sampai dengan akhir bulan Desember 2016 sebagai berikut :

  1. Koleksi buku : 24.338 judul, 48.128 eksemplar
  2. Koleksi karya ilmiah : 5.574 judul, 6.494 eksemplar
  3. Koleksi audio visual : 13.049 keping CD/DVD
  4. Koleksi rekreatif : 419 judul, 595 eksemplar

Koleksi bahan pustaka UPT Perpustakaan ISI Surakarta dikelompokkan menjadi :

1. Koleksi Umum:
Adalah bahan pustaka yang dipinjamkan, berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

2. Koleksi Referensi :
Terdiri dari koleksi bahan pustaka yang berfungsi sebagai sumber informasi sekunder dan tersier, misalnya : Kamus, Ensiklopedi, Dictionary, Almanak, Handbook, Atlas, Biografi, Yearbook, Terbitan Pemerintah, serta berbagai koleksi di bidang ilmu pengetahuan. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat, tidak dipinjamkan, berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

3. Kolesi Reserve/tandon :
Terdiri dari kopi pertama setiap buku teks dari setiap judul. Koleksi ini tidak dipinjamkan, berada di lantai I gedung UPT Perpustakaan.

4. Koleksi Pribadi Alm. SD Humardani
Terdiri dari berbagai bidang ilmu pengetahuan sebagai koleksi titipan dari almarhum SD Humardani. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat, tidak dipinjamkan, berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

5. Koleksi Serial :
Terdiri dari terbitan berseri/berkala, seperti majalah, jurnal dan surat kabar. Koleksi ini berada  di ruang referensi lantai II gedung UPT Perpustakaan

6. Koleksi Karya Akademik :
Terdiri dari karya tulis persyaratan gelar akademik, seperti deskripsi/penyajian karya, laporan penelitian, skripsi, tesis, disertasi. Koleksi ini berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

7. Koleksi Pandang Dengar :
Koleksi Pandang Dengar terdiri dari koleksi audio berupa kaset analog, CD audio, piringan hitam dan open reel yang menyajikan musik tradisi Indonesia, musik etnik, musik kontemporer, musik komposisi dan musik komersial baik dari dalam maupun luar negeri.
Sedangkan koleksi visual/audio berupa VCD, DVD, MDV, Hi 8mm, VHS dan Betamax yang menyajikan rekaman video ujian akhir mahasiswa jurusan Karawitan, Pedalangan, Tari dan Seni Rupa ISI Surakarta, rekaman video kegiatan lembaga dalam rangka pertunjukan seni dan budaya yang diselenggarakan oleh ASKI, STSI dan ISI Surakarta serta rekaman video komersial baik dari dalam maupun luar negeri.
Koleksi-koleksi ini berada di lantai I gedung UPT Perpustakaan.

8. Koleksi Rekreatif Baca
Terdiri dari buku psikologi populer, buku bacaan religi, buku bacaan hobi, bacaan tentang seni, sastra baik esai dan novel, cerita pendek dan puisi, bacaan humor, sampai bacaan biografi. Koleksi ini berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

9. Koleksi Rekreatif Audio Visual
Terdiri dari kaset/CD musik pop Indonesia, musik pop barat, musik tradisional Indonesia, musik instrumentalia, musik kerohanian. VCD/DVD ketoprak, tari-tarian Indonesia, senam, film-film Hollywood, film dokumenter dari National Geographic dll. Koleksi ini berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.

10. Koleksi Pribadi Hardjono Go Tik Swan Panembahan Hardjonagoro
Terdiri dari berbagai bidang ilmu pengetahuan sebagai hibah koleksi dari Hardjono Go Tik Swan Panembahan Hardjonagoro. Koleksi ini hanya dapat dibaca di tempat, tidak dipinjamkan, berada di lantai II gedung UPT Perpustakaan.